Mengenal Komodo Lebih Jauh

Mengenal Komodo Lebih Jauh

Komodo merupakan salah satu hewan reptile purba yang bisa dibilang sangat langka untuk saat ini, karena hewan yang satu ini hanya terdapat di salah satu pulau di Indonesia yaitu Pulau Komodo.

Hewan yang satu ini memiliki nama latin Varanus Komodoensis ini biasa juga bisa disebut sebagai biawak Komodo, Komodo juga merupakan hewan kadal dengan jenis yang paling besar di dunia.

Komodo juga dikatakan sebagai predator puncak yang mendominasi di tempatnya hidup saat ini, karena memiliki ukuran tubuh yang sangat besar.

Di pulau asalnya, para penduduk menyebut hewan ini sebagai ora, hewan ini hidup ini pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami, Nusa Tenggara.

Komodo sendiri biasanya memangsa rusa,, kerbau, babi, dan hewan lainnya sebagai santapannya, jika ingin berburu, hewan ini akan mendekati mangsanya lalu kemudian mengigit bagian kaki dari mangsa mereka. Hewan yang satu ini juga berbeda pada hewan lainnya yang baisanya mereka akan langsung mengigit dan mencabik-cabik, Komodo hanya perlu mengigit sekali karena ia memiliki bisa yang cukup mematikan.

Ketika mangsa mereka sudah tergigit maka hanya butuh beberapa saat atau beberapa hari untuk mangsa tersebut lumpuh akhirnya, dan kemudian Komodo tersebut bisa memakan mangsa tersebut.

Hewan yang satu ini pertama kali ditemukan oleh seorang yang berasal dari benua Eropa pada tahun 1910 yaitu bernama Pieter Anntonie Ouwens.

Mengenal Komodo Lebih Jauh

Pieter sendiri pertama kali menerbitkan sebuah artikel yang membahas hewan yang satu ini pada tahun 1912, setelah itu nama Komodo akhirnya tersebar luas. Bahkan hewan yang satu ini juga menginspirasi pembuatan film King Kong pada tahun 1933.

Karena artikel yang diterbitkan oleh Pieter tersebut akhirnya ekspedisi ke pulau Komodo tersebutpun dilakukan dengan dipimpin oleh seorang yang bernama W Douglas Burden pada tahun 1926. Douglas juga orang yang memberikan julukan dragon kepada hewan asli dari Indonesia ini.

Komodo pada umumnya memiliki berat hingga 70 kilogram apabila hidup dalam alam bebas, sedangkan Komodo yang hidup dalam sebuah penangkaran biasanya akan tumbuh hingga Panjang 3 meter dan berat mencapai 166 kilogram.

Hewan asli Indonesia ini juga jika dilihat sekilas tidak memiliki gigi, namun dibalik mulutnya tersebut terdapat gigi yang memiliki bentuk yang sangat tajam dengan Panjang sekitar 2.5 cm dengan total gigi berjumlah 60.

Jika dilihat dari ukuran maka Komodo jantan umumnya pasti lebih besar dari Komodo betina, Komodo jantan juga memiliki warna kulit yang cenderung mengarah ke abu-abu gelap dengan sedikit warna merah batu bata. Sedangkan untuk betinanya biasanya akan berwarna hijau zaitun, da memiliki potongan kecil pada tenggorokannya.

Hewan ini juga tak memiliki indra pendengaran meskipun mereka memiliki lubang telinga, mereka memiliki pandangan yang cukup jauh, mereka mampu melihat hingga jarak sejauh 300 meter. Namun kemampuan itu akan berkurang jika hari sudah berganti malam dikarenakan retina mereka hanya memiliki sel kerucut.

Komodo juga diketahui memiliki deteksi yang sangat hebat, bahkan mereka bisa mendeteksi aroma bangkai  dari jarak 4 – 9.5 kilometer, meskipun dikatakan mereka memiliki indra penciuman yang kurang baik

Nah, kira-kira itulah sedikit pembahasan mengenai hewan reptile purba yaitu Komodo. Semoga artikel ini membantu kalian untuk mendapatkan informasi yang kalian butuhkan atau bagi kalian yang ingin menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post