Jenis Kadal Terunik di Dunia

Jenis Kadal Terunik di Dunia

Kadal adalah merupakan hewan reptile yang memiliki sisik dan berkaki empat yang memiliki persebaran sangat banyak dan luas di dunia.

Kelompok ini dikenal sebagai subordo atau juga anak bangsa dari Lacertilia yang merupakan anggota dari bangsa reptile yang bersisik.

Kadal memiliki sekitar 40 suku yang ada di dunia saat ini, sebagian jenis dari kadal tersebut mempunyai sisik halus dan juga mengkilap layaknya dilapisi oleh minyak. Tapi kenyataanya, sisik itu terlihat kering karena hewan reptile sendiri diketahui tidak memiliki pori sehingga sangat tindak mungkin untuk mengeluarkan keringat ataupun minyak dari dalam tubuhnya.

Hewan ini juga dikatakan sebagai reptilia yang paling sukses berkembang di dunia dan bisa ditemui disemua habitat diseluruh bumi seperti gunung, gurun, padang rumput, kebun, sawah, berawa, dan bahkan pemukiman kota sekalipun.

Sebagian besar kadal tidak berbahaya bagi manusia, sehingga tak jarang para manusia menjadikannya sebagai peliharaan.

Nah, dibawah ini akan kami berikan beberapa jenis kadal terunik di dunia. Yuk disimak!

1.Kadal Duri Mata Merah

Jenis Kadal Terunik di Dunia

Kadal yang satu ini memiliki nama latin Tribolonotus Gracili, hewan ini memiliki wujud yang sedikit menyeramkan dibandingkan yang lainnya, namun mereka kadal yang sangat jinak.

Kadal ini berasal dari Indonesia lebih tepatnya di Pulau Papua yang ukurannya bisa mencapai 25 cm dengan masa hidup bisa mencapai 10 tahun lamanya.

Ciri-ciri dari hewan ini yang paling terlihat adalah memiliki lingkaran merah pada sekitar matanya. Tempat tinggalnya sendiri memerlukan tingkat kelembapan yang tinggi. Ia juga memiliki system pertahanan yang cukup aneh, karena ia akan berpura-pura mati dan berharap yang mengganggunya akan pergi menjauh, selain itu ia juga membuat suara-suara aneh.

2.Kadal Soa Layar

Kadal Soa Layar

Hewan ini sekilas tampak seperti dinosaurus mini atau naga kecil bila dibandingkan dengan kadal. Soa Layar sendiri merupakan kadal semi akuatik dengan jenis terbesar dalam family Agamidae.

Kadal ini memiliki ciri-ciri yang unik, karena sepanjang tubuhnya dipenuhi oleh duri yang berukuran kecil, dan jika pada jenis kelamin jantan akan terdapat pangkal ekor dengan layar tinggi layaknya kapal tradisional yang menggunakan angin. Layar tersebut digunakan untuk memikat para betina.

Reptil yang satu ini sangat dekat dengan iguana, dan mereka kebanyakan hidup di daerah yang berdekatan dengan air seperti muara sungai, mangrove. Makanan mereka sendiri bervariasi mulai dari dedaunan, buah-buahan, serangga hingga anak burung.

3.Komodo

Komodo

Komodo merupakan jenis kadal terbesar di dunia yang sudah hidup di bumi diperkirakan sejak empat juta tahun yang lalu.

Dengan Panjang bisa mencapai tiga meter hingga berat 80 kilogram dengan jenis kelamin jantan, sedangkan untuk betinanya sendiri mampu tumbuh hingga Panjang 2,4 meter dengan bobot sekitar 40 kilogram.

Komodo sendiri hanya dapat ditemukan di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo, NTT. Bahkan pulau dari tempat hidup hewan ini dijadikan sebagai tempat destinasi wisata bagi para wisatawan dari luar maupun dalam yang ingin melihat langsung kadal terbesar di bumi ini.

Reptile yang satu ini diketahui memiliki kekebalan yang sangat kuat, sehingga ia tak akan terserang oleh bakteri yang bersarang dimulut ataupun makanan yang sudah ia buru.

Nah, kira-kira itulah beberapa jenis kadal yang unik yang terdapat di Bumi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu mendapatkan ilmu dan juga informasi yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post