Jangan Salah Pilih, Ini Jenis Makanan Berdasarkan Reptil

Jangan Salah Pilih, Ini Jenis Makanan Berdasarkan Reptil
Bonus

Reptile merupakan salah satu jenis hewan yang hidup berdampingan dengan manusia. Hewan ini memiliki keunikkannya sendiri seperti hewan lainnya.

Hewan yang biasanya merayap ini merupakan hewan yang berdarah dingin dan memiliki sisik di sekujur tubuhnya.

Mereka juga memiliki empat tungkai serta memiliki telur yang unik karena dikelilingi oleh membrane. Reptile juga merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh manusia.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki sifat dan sikap yang tenang tak seperti hewan peliharaan lainnya seperti anjing atau kucing.

Namun, mereka memiliki makanan yang cukup unik dan berbeda. Bahkan, beda jenis reptile akan beda pula makanan yang mereka butuhkan.

Karena itulah, untuk kalian yang saat ini berencana memelihara reptile, ketahui dulu beberapa jenis makanan mereka berdasarkan apa yang mereka konsumsi agar tidak salah.

1.Reptil Karnivora

Jangan Salah Pilih, Ini Jenis Makanan Berdasarkan Reptil

Reptile karnivora biasanya memakan daging mulai dari daging ayam atau jenis serangga tergantu pada hewannya.

Misalnya ular yang merupakan salah satu reptile biasanya memakan tikus hingga daging ayam. Lalu ada Buaya yang memakan segala jenis daging. Ada pula Bunglon yang juga memakan daging dan serangga.

Biasanya, reptile karnivor juga lebih banyak menyukai daging mentah dibandingkan dengan daging matang.

Namun, kalian juga bisa memberikan mereka pakan yang khusus untuk jenis reptilnya agar mereka tetap bisa makan dan pengeluaran kalian tak terlalu banyak dan berat.

2.Reptil Herbivora

Reptil Herbivora

Reptile herbivor biasanya suka memakan sayur sayuran hingga buah buahan sehingga kalian lebih mudah memeliharanya.

Mereka juga biasanya tak memerlukan banyak jenis sayuran dan bisa memakan jenis sayuran apapun yang mereka bisa telan.

Jenis reptile yang merupakan herbivora antara lain adalah penyu hijau dan Iguana. Hewan ini juga memiliki sifat yang lebih tenang dan tidak agresif dibandingkan dengan reptile karnivor.

Jenis ini biasanya lebih banyak menghabiskan waktu di hutan yang berumput atau di habitat mereka yang lebih aman.

3.Reptil Omnivora

Reptil Omnivora

Reptile omnivore lebih mudah lagi di rawat karena kalian bisa memberikan mereka makanan apapun mulai dari daging hingga buah dan sayur.

Reptile omnivore juga banyak ditemukan di berbagai tempat mulai dari rumput, rawa, hingga sungai sehingga kalian mudah menemukannya.

Hewan omnivore salah satunya adalah Alligator Snapper, Kura kura, hingga kadal yang bisa memakan buah, sayur, dan juga daging.

Mereka juga cukup tenang dan tidak memiliki sikap yang agresif sehingga kalian tak perlu khawatir saat merawatnya.

Itulah berbagai jenis reptile yang biasanya dibedakan sesuai dengan makanan mereka. Tentu saja dengan mengetahui hal ini kalian bisa lebih mahir dalam merawat mereka.

Selain itu, kalian jadi lebih baik dalam merawat mereka karena tahu makanan mana yang mereka bisa konsumsi dan mereka sukai.

Selain memberikan berbagai daging, buah, atau sayur, kalian juga bisa memberikan mereka pakan khusus hewan tersebut agar lebih memudahkan kalian.

Jangan lupa juga untuk memberikan mereka tempat tinggal yang nyaman sehingga mereka tidak mudah merasa stress setelah di pelihara oleh kalian.

Berikan juga mereka makan secara teratur tergantung dengan kebutuhan hewan tersebut. Kalian bisa lebih mencari tahunya lewat internet.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini berencana memelihara hewan reptile namun belum tahu banyak mengenai hewan yang unik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post