INGIN MEMELIHARA BIAWAK DI RUMAH? KENALI CARA – CARANYA BERIKUT INI

INGIN MEMELIHARA BIAWAK DI RUMAH? KENALI CARA – CARANYA BERIKUT INI

Tidak ada salahnya bila ingin memelihara reptile besar ini di rumah, tapi kamu harus sudah memperhitungkan dengan matang. Apakah aman atau tidak, juga fasilitas yang bisa kamu berikan untuk biawak ini. Jangan sampai mendatangkan petaka, dimana dapat memberikan bahaya kepada kamu atau orang – orang yang berada lingkungan sekitar biawak tersebut. Tidak sedikit orang yang memang tertarik dengan reptile satu ini, memiliki bentuk yang ganas namun eksotis ternyata dapat dijadikan hewan peliharaan di rumah. Dia ini masih bersaudara dengan komodo. Selain menjadi binatang peliharaan, biawak yang ukurannya bisa hingga dua meter ini dijadikan juga sebagai ladang bisnis untuk beberapa orang. Berat badannya itu bsia mencapai 20 kg bahkan itu bisa lebih, sekarang ini sudah banyak dibudidayakan oleh orang – orang.

Tentunya untuk memelihara hewan satu ini kamu harus bisa merawatnya dengan baik dan benar. Karena tidak semua reptile dapat disamakan dalam perawatannya. Untuk kamu yang tertarik memelihara biawak di rumah, entah biawak itu memang untuk binatang peliharaan atau dikembangbiakan sebagai tujuan bisnis kamu. Pastikan kamu bisa untuk melakukan cara – cara ini sehingga mereka bisa bertahan hidup dan juga hidup dengan baik dan layak. Bila kamu dapat mengurusnya dengan tepat, maka keuntungannya pun bisa kamu nikmati. Langsung simak saja ulasancara berikut ini.

1.Membeli Biawak yang Masih Kecil

INGIN MEMELIHARA BIAWAK DI RUMAH? KENALI CARA – CARANYA BERIKUT INI

Sebisa mungkin kamu jika ingin memelihara biawak itu dari mereka masih sangat kecil. Ketika umur mereka masih sangat muda, kalau bisa itu dibawah satu tahun. Sama dengan hewan – hewan lainnya yang dimana bila kita pelihara dan urus mereka dari kecil, mereka aka terbiasa dengan pemiliknya dan dapat menjadikan hewan tersebut menjadi jinak.

Ini pun berlaku kepada biawak yang masih kecil, karena biasanya bila biawak tersebut masih berumur muda. Akan lebih mudah untuk menjinakannya, bila sudah besar akan lebih sulit. Disulitkan dengan ukurannya yang besar, juga mereka sudah memiliki insting yang kuat. Jadi akan lebih sulit untuk bisa mendekatkan diri dengan yang sudah besar.

2.Memberikan Aquarium Sebagai Kandangnya

Karena biawak ini merupakan hewan air, jadi berikan saja mereka kandangnya itu aquarium. Karena kamu memelihara biawak yang masih kecil, sehingga kamu masih bisa menggunakan aquarium yang berukuran tiga kali lebih panjang dengan ukuran biawak kamu.

Pastikan untuk di dalam aquarium tersebut terdapat tempat untuk dia bisa bersembunyi, untuk tempat makannya jangan terlalu tinggi jadi yang rendah saja. Selain itu jangan melupakan ventilasi udara agar dia dapat bernafas dengan baik. Lalu yang terakhir, pasanglah lampu di dalam aquarium. Nyalakan lampu tersebut saat hujan datang, usahakan untuk lampunya itu yang berwarna kuning. Sehingga tidak terlalu kecerahan.

3.Makanan Untuk Biawak

Karena biawak ini masih kecil, sehingga makanannya pun yang berukuran kecil. Kamu dapat memberikannya jangkring, ikan kecil, daging ayam tapi jangan lupa untuk mensuirnya terlebih dahulu sehingga bisa memberikannya kemudahan saat sedang mengkonsumsi, belalang, sampai dengan kodok yang berwarna hijau.

Tapi saat ukurannya sudah mulai membesar, kamu bisa memberikannya pakan daging ayam yang disuir, ikan, kodok hijau tetapi kali ini ukurannya yang besar. Karena mengikuti ukuran tubuhnya, selain itu gigi daripada biawak yang sudah besar pun semakin tajam

Itulah cara – cara yang bisa kamu lakukan saat akan memelihara biawak di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post