Spesies Kura-Kura yang Unik, Pernah Melihatnya?

Spesies Kura-Kura yang Unik, Pernah Melihatnya?

Kura-kura adalah hewan yang unik, di mana hewan satu ini memiliki cangkang yang keras, namun tumbuh bersamaan dengannya. Terdapat banyak jenis dari reptil bercangkang ini dengan beragam rupa dan bentuk.

Sekarang kami akan menunjukkan kepada Anda kira-kira ada kura-kura apa saja yang memiliki tampilan unik dan mungkin jarang kita pernah lihat.

Kura-Kura Unik

1.Kura-Kura Leher Ular Pulau Rote

Spesies Kura-Kura yang Unik, Pernah Melihatnya?

Pertama yang akan kami bahas adalah kura-kura pulau Rote yang dikenal karena memiliki leher yang sangat panjang. Hewan yang merupakan hewan endemik pulau Rote NTT ini saking panjang lehernya, membuat mereka tidak bisa memasukkannya ke dalam cangkang.

Keunikan hewan ini membuat banyak penggemar hewan reptil khususnya pencinta kura-kura ingin memeliharanya. Sayangnya, karena itu kini Kura-kura Pulau Rote mulai berkurang populasinya. Itulah kenapa hewan ini jarang untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan.

2. Kura-kura Kepala Besar

Berbeda dengan kura-kura sebelumnya yang tidak bisa memasukkan kepalanya karena leher terlalu panjang, nah, kalau Kura-kura kepala besar ini mereka tidak bisa memasukkan kepalanya karena kepalanya terlalu besar. Tapi ternyata inilah yang membuat kura-kura ini menjadi tampak unik. Selain itu ekor dari kura-kura ini juga hampir menyamai tubuhnya.

Meski kepala dari kura-kura ini tidak bisa masuk ke dalam cangkangnya, tapi nyatanya karena gigitannya yang kuat, kura-kura ini masih bisa membela dirinya.

3. Kura-kura aligator

Kura-kura atau aligator? Kalau melihat bentuknya, pasti kamu baru paham deh maksudnya. Umumnya kura-kura ini lebih dikenal dengan nama Alligator Snapping Turtle, karena hewan ini memiliki penampilan yang cukup menakutkan seperti aligator.

Bahkan ada yang menyebutkan kalau kura-kura ini adalah dinosaurus dari dunia kura-kura. Mereka memanfaatkan kekuatan dari gigitannya untuk memangsa ikan atau katak.

4. Kura-kura mata-mata

Kura-kura mata-mata mungkin akan membuat kamu terkejut saat melihatnya. Tampilan unik dari kura-kura ini mirip dengan batang pohon dan kepalanya tampak seperti daun yang sudah mengering. Leher panjang dari kura-kura ini menambah keunikan dari kura-kura ini.

Mata-mata sendiri dalam bahasa Spanyol berarti “bunuh-bunuh”, ini adalah nama yang cocok untuk kura-kura ini karena mereka merupakan hewan karnivora. Yang menambah keunikan reptil ini adalah mereka tidak melahap mangsanya, melainkan menghisapnya.

5. Kura-kura berhelm Afrika

Jika melihat tampilannya, mungkin kamu akan gemas dengan kura-kura satu ini. Bukan memiliki tampilan yang aneh atau menyeramkan, Kura-kura berhelm Afrika ini memiliki wajah yang sangat imut. Bentuk bibir dari kura-kura ini tampak tersenyum dan lengkap dengan mata bulat.

Meski memiliki wajah yang menggemaskan, tapi hewan ini memiliki cara berburu yang mirip dengan buaya. Mereka akan masuk ke dalam air dan membunuh mangsanya saat lengah.

6. Labi-labi hidung babi

Terakhir yang akan kami bahas kali ini adalah Lai-labi hidung babi. Hewan ini memiliki hidung yang mirip dengan hidung babi dan membuatnya menjadi sebuah keunikan tersendiri.

Banyak yang menganggap hidungnya membuat reptil ini menjadi lebih tampak eksotis, jadi banyak orang tertarik untuk memelihara labi-labi ini. Tapi sayangnya, hal itu malah membuat Labi-labi hidung babi kini mulai terancam punah.

Itulah beberapa kura-kura yang memiliki tampilan unik dan wajib untuk diketahui. Meski memiliki tampilan unik, bukan berati kita boleh memeliharanya dengan bebas. Kalau bisa, biarkan mereka tetap di habitatnya dan berkembang biak secara alami, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post