Jenis Spesies Ular Laut Di Indonesia

Jenis Spesies Ular Laut Di Indonesia

Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman biota lautnya yang tinggi memiliki beberapa jenis spesies ular laut atau krait.
 
Diinformasikan dari berjenis-jenis sumber Wikipedia, ular laut dibedakan dari segi habitat dan adaptasinya yang kapabel menyelam di kedalaman hingga 30 meter. Ular laut bahkan memiliki dapat yang beberapa di antaranya lebih mematikan dibandingkan ular beracun yang ada di darat.

Dari sekian banyaknya jenis ular laut di dunia, kelima jenis ular laut berikut dapat ditemukan di Indonesia. Apa saja? Simak lebih lanjut.

Jenis Spesies Ular Laut Di Indonesia

1. Banded Sea Krait

Banded Sea Krait yang memiliki nama latin Laticauda colubrina ini memiliki dapat sepuluh kali lebih membahayakan dari ular derik. Bisa ular ini dapat mengakibatkan hipertensi, sianosis, paralisis, bahkan kematian jika tak diobati.

Akan namun, di beberapa negara, ular ini awam ditangkap untuk dikonsumsi, bahkan dianggap aman untuk dimainkan oleh buah hati-buah hati di New Caledonia.

Padahal membahayakan, ular ini tak agresif dan cuma menggigit untuk pertahanan diri. Kebanyakan nelayan mendapati gigitan ular ini ketika akan menyingkirkan ular yang tersangkut di jaring mereka.

2. Black Banded Sea Krait

Black Banded Sea Krait bernama latin Laticauda semifasciata memiliki gigitan yang sungguh-sungguh beracun dan mengakibatkan paralisis. Bisa ular ini lebih kuat sepuluh kali ketimbang kobra. Ular ini banyak ditemukan di pulau karang.

Berdasarkan situs National Geographic, dapat ular ini mengandung neurotoksin. Neurotoksin dikenal sebagai racun yang menyerang saraf dan juga jantung sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan.

3. Yellow Sea Snake

Yellow Sea Snake berbeda dari banded sea krait, ular laut bernama latin Hydropis spiralis ini cukup agresif dan lebih mudah merasa terganggu.

Bisanya juga berpotensi menyebabkan kematian walau tak seberbahaya banded sea krait. Efek gigitan ular ini lazimnya mengakibatkan myolsis ialah kerusakan otot.

4. Slender Sea Snake

Slender Sea Snake atau ular yang bernama latin Hydropis gracilis ini memiliki ciri khas kepala ramping dan kecil. Kepalanya yang kecil membikin gigitan ular ini sering kali diremehkan. Padahal seperti itu, dapat yang dikeluarkan sungguh-sungguh beracun dan menyebar dalam hitungan menit.

5. Ornate Reef Sea Snake

Ornate Reef Sea Snake atau yang bernama lati Hydrophis ornatus dikenal sebagai ular yang bersifat agresif dan mudah menggigit ketika terganggu. Bisa ular jenis ini mengandung neurotoksin kuat yang dapat mengakibatkan kelumpuhan dan kematian. Gigitan ular ini juga mengakibatkan kerusakan otot dan gejala neurologis lainnya.

Nah itulah Jenis-Jenis Spesies Ular Laut yang ada di Indonesia, jadi bagi kalian yang hobi berenang di laut sangat disarankan mengetahui berbagai spesies ular laut ini agar bisa menghindari kontak secara langsung. Selain itu ketahui juga Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular berikut ini agar bisa mencegah kematian saat digigit ular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post