Penyakit Pada Kura-Kura Brazil yang Paling Umum

Penyakit Pada Kura-Kura Brazil yang Paling Umum

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan berupa kura-kura khususnya kura-kura brazil? Jika iya, apakah sering kali kamu menemukan tanda-tanda kalau hewan peliharaan kesayangan kamu ini terserang oleh suatu penyakit?

Ternyata meski kura-kura brazil membutuhkan perawatan yang mudah, itu tidak membuat kura-kura jenis ini jarang terserang penyakit.

Ada beberapa jenis penyakit dari kura-kura brazil yang umum ditemui. Agar bisa mencegah penyakit tersebut, ketahuilah macam-macam penyakit dari kura-kura Brazil yang wajib diketahui.

Penyakit Kura-Kura Brazil.

1.Jamuran

Penyakit Pada Kura-Kura Brazil yang Paling Umum

Pertama ada jamuran, ini mungkin merupakan penyakit yang sangat umum untuk ditemui di kura-kura. Biasanya ditandai dengan adanya keputihan di bagian kaki, pangkal kaki, pangkal ekor, sampai bagian wajah dari kura-kura.

Cara mencegah hal ini adalah bersihkan kandang dari kura-kura dengan rutin. Beri makanan yang sehat dan buang sisa dari kandang agar bisa menjaga agar kandang bisa tetap bersih.

Jika sudah terkena penyakit ini, cobalah untuk masukkan larutan air dan garam ikan dengan komposisi kurang lebih 10g garam untuk 1 liter air. Ganti larutan air garam ini dengan rutin 2-3 hari sekali. Selain itu jemur kura-kura di bawah sinar matahari langsung secara rutin di pagi hari.

2. Pilek atau Flu

Kalau kura-kuramu terkena flu atau pilek, akan ada gelembung udara pada hidung kura-kura brazil. Selain itu kadang ada suara yang mengidentifikasikan kalau kura-kura tersebut tengah terserang pilek.

Cara mencegahnya adalah dengan memastikan kalau kura-kura ada di lingkungan yang tidak terlalu dingin, selain itu pastikan juga sering mengganti air di dalam kandang.

Kalau kura-kura sudah terserang penyakit ini, bisa diberikan obat Gentamycin atau Baytril dan ditambahkan dengan menjemur kura-kura selama 15-20 menit di pagi hari.

3. Diare

Bukan hanya manusia saja yang bisa diare, karena kura-kura juga sering terkena penyakit ini. Biasanya kura-kura mengalami kurangnya nafsu makan jika sudah terkena diare.

Penyebabnya umumnya karena pakannya yang kurang cocok. Untuk mencegah hal ini, coba variasikan makanan kura-kura dengan jenis yang berbeda.

Hal paling dasar untuk mengobati kura-kura yang terkena diare adalah dengan mengganti pakannya dengan jenis yang baru. Selain itu tambah juga asupan vitamin agar bisa membantu proses penyembuhannya.

4. Pryramiding

Ini merupkaan penyakit yang gejalanya tampak di bagian tempurung, di mana tampak lebih menonjol di bagian tengah dan mengerucut seperti Pyramid.

Penyakit ini datang ke kura-kura karena ada asupan protein yang berlebihan di kura-kura, jadi untuk mencegahnya coba kontrol asupan nutrisi kura-kura dan variasikan juga pakannya.

Sampai saat ini belum ada cara pasti untuk bisa mengobatinya, jadi sangat disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan agar hal ini tidak terjadi pada kura-kura.

5. Sakit Mata

Terakhir yang akan kami bahas adalah sakit mata pada kura-kura, biasanya ada kotoran mata yang menumpuk di bagian mata.

Biasanya penyakit ini terjadi karena kura-kura kekurangan vitamin A, atau ada luka karena bekas benturan. Jadi berikan suplemen vitamin A pada kura-kura.

Untuk pengobatannya, cobalah berikan dia obat tetes mata khusus untuk kura-kura, atau berikan ia salep antibiotik. Jika makin memburuk, maka bawa kura-kura ke dokter hewan.

Itulah beberapa penyakit yang sering ditemukan pada kura-kura brazil dan bagaimana cara mengatasinya juga mengobatinya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengobati kura-kura kesayanganmu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post