Cara Bersihkan Jamur di Tempurung Kura-Kura

Cara Bersihkan Jamur di Tempurung Kura-Kura

Pernahkah kamu melihat bercak-bercak putik yang ada di kura-kura? Ini ternyata merupakan penyakit jamur yang bisa berpengaruh pada kesehatan kura-kura. Biasanya kura-kura yang mengalami penyakit ini adalah yang hidup di air.

Ada beberapa lokasi yang umumnya ditumbuhi oleh jamur, seperti di bagian pangkal ekor, bagian wajah, leher, dan juga pangkal kaki.

Lalu bagaimana cara untuk mengobati penyakit ini? Berikut ini kami akan tunjukkan beberapa cara ampuh untuk atasi penyakit jamur di kura-kura.

Obati Penyakit Jamur Kura-Kura

1.Perhatikan Gejalanya

Cara Bersihkan Jamur di Tempurung Kura-Kura

Pertama kamu harus bisa melihat gejala yang terjadi agar bisa melakukan pencegahan atau pun pengobatan yang paling tepat untuk kura-kura tersebut.

Karena kadang ada penyakit yang tampak sama, namun ternyata cara penanganannya tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Ini membuat kura-kura menjadi semakin mudah terkena penyakit dan membuat mereka semakin lemah.

Jadi pastikan untuk tahu jenis penyakit apa yang menerpa kura-kura, apakah itu benar-benar merupakan jamur atau bukan.

2. Bersihkan Tubuhnya

Kura-Kura

Lalu bersihkan tubuh kura-kura dengan menggunakan air hangat pada bagian kura-kura yang terserang jamur. Perhatikanlah proses penyikatannya, lakukan dengan lembut agar tidak membuat luka di tubuh.

Untuk membersihkan lendir yang ada di kura-kura bisa dilakukan dengan menggosok bagian tersebut dengan campuran air garam dengan air.

Jangan gosok kura-kura terlalu kasar, meski tampak memiliki cangkang yang keras, tetap saja ini cukup berbahaya untuk kura-kura.

3. Mengganti Air

Kura-Kura

Ganti air pada akuarium atau kandang kura-kura, bersihkan juga akuariumnya dari sisa-sisa makanan. Air yang sudah dicampurkan dengan garam juga bisa untuk merendam kura-kura selama 20-30 menit.

Gantilah air dengan air yang bersih agar bisa menghindarinya dari kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

4. Jemur kura-kura

Kura-Kura

Selain merendam kura-kura dengan air garam, kita bisa menjemur kura-kura juga. Jemur kura-kura secara rutin di bawah sinar matahari agar ia terbebas dari jamur.

5. Berikan Garam Ikan di Akuarium

Untuk mengatasi jamur yang ada di kura-kura, kita bisa memanfaatkan garam ikan. Namun, garam yang dimasukkan ke dalam akuarium pastikan lebih sedikit.

Atau bisa juga dengan memberikan obat biru di air akuarium, biasanya ini bisa ditemukan di toko ikan. Berikan obat biru selama 2-3 hari sampai jamur-jamur yang terdapat di tubuh kura-kura menghilang.

6. Gunakan Salep

Jamur di tubuh kura-kura juga bisa dihilangkan dengan menggunakan salep. Sesuaikan dosis yang diberikan di kura-kura dengan yang dibutuhkan agar tidak berbahaya untuk kura-kura tersebut/

7. Bersihkan Kandang Atau Aquarium

Terakhir yang kami sarankan adalah untuk membersihkan kandangnya. Kura-kura bisa menjadi lebih sehat kalau tinggal di tempat yang bersih.

Pertama, keluarkan kura-kura agar bisa lebih mudah untuk membersihkan kandangnya. Setelah itu, pisahkan kura-kura yang sehat dengan yang terpapar jamur agar tidak menyebar.

Berishkan kandangnya agar bisa menjadi tahap pencegahan kura-kura terkena jamur. Biasanya sebagian besar masalah jamur di tubuh kura-kura terjadi karena tempat yang kotor.

Selain jamur, beberapa penyakit lain juga bisa terjadi di kura-kura jika berada pada lingkungan yang kurang terawat, seperti flu, mencret, dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika kura-kura kamu terpapar oleh penyakit jamur. Semoga artikel satu ini bisa memberikan informasi yang berguna untuk kamu yang memiliki masalah jamur pada kura-kura kesayangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post