Mau Lihat Reptil Secara Langsung? Ketahui Dulu Dimana Habitatnya!

Reptile merupakan kelompok hewan vertebrata berdarah dingin yang memiliki sisik yang menutupi tubuhnya.

Reptilian merupakan hewan dengan empat tungkai yang bertelur dan embrionya diselubungi oleh membrane amniotic. Sekarang ini, reptile hidup di setiap benua kecuali di Antartika.

Nah, untuk kalian yang mungkin tertarik dengan binatang reptile dan ingin melihatnya secara langsung, tentu saja kalian harus mengetahui terlebih dahulu dimana tempat tingga serta habitat asli mereka.

Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Habitat Asli Reptil Yang Harus Kamu Tahu

Sebagai satwa ektotermal, reptil tersebar pada berbagai macam habitat. Jenis-jenis reptil dapat hidup di laut, perairan tawar, gurun, bahkan pegunungan.

Penyebaran reptil sangat dipengaruhi oleh cahaya matahari yang mencapai daerah tersebut. Satwa Testudines dibedakan menurut habitatnya.

Penyu hidup di laut dan hanya naik ke pantai untuk bertelur. Kura-kura dan labi-labi terdiri dari jenis akuatik dan semi-akuatik yang hidup pada daerah perairan tawar.

Baning atau kura-kura darat hidup sepenuhnya di darat. Kadal hidup pada berbagai habitat. Jenis terestrial hidup di pepohonan maupun di dalam tanah.

Jenis-jenis lain merupakan semi-akuatik. Dengan kulit mereka yang impermeabel dan kemampuan untuk menyimpan air, kadal juga dapat hidup di daerah gurun.

Sebagian besar ular merupakan jenis terestrial, tetapi terdapat beberapa jenis yang hidup di tanah. Jenis ular yang paling berbisa merupakan ular air yang hidup di laut.

Selain itu ada juga jenis ular yang hidup di air perairan tawar dan pada pepohonan. Hutan tropis memiliki keanekaragaman jenis ular yang lebih banyak dibandingkan dengan hutan temperat karena penetrasi cahaya matahari dan suhu yang lebih rendah pada hutan temperat.

Daerah pegunungan dengan temperatur yang ekstrim bukan merupakan habitat yang ideal untuk ular, tetapi seekor ular jenis Agkistrodon himalayanus pernah ditemukan pada ketinggian 4.900 m dpl.

Penyebaran reptil di dunia dipengaruhi jumlah cahaya matahari pada daerah tersebut. Jenis reptil yang terdapat di Indonesia berasal dari Ordo Testudinata, Squamata (kadal dan ular), dan Crocodylia. 

Testudinata tersebar di seluruh dunia di daerah tropis dan sub tropis. Kurakura terdapat di semua wilayah perairan laut.

Di Indonesia terdapat sekitar 39 jenis kura-kura, yang terdiri dari enam jenis penyu, enam jenis labi-labi, dua jenis baning atau kura-kura darat, dan 25 jenis kura-kura air tawar.

Ordo Sauria tersebar di Kanada Selatan sampai Tierra del Fuego, dari Norwegia Utara sampai Selandia Baru, dan juga kepulauan di Laut Atlantik, Pasifik dan Indian

Ular tersebar di seluruh dunia kecuali daerah kutub, Islandia, Irlandia, dan Selandia Baru. Ular tersebar di seluruh Indonesia, termasuk daerah lautan.

Ular laut tersebar pada bagian tropis Laut Pasific, laut India, Indonesia sampai Australia Utara, dan Amerika Selatan.

Buaya tersebar di benua Asia, Australia, Amerika dan Afrika. Penyebarannya di Asia mencakup Indonesia sampai Cina dan India. Buaya juga terdapat di bagian Utara Australia.

Di Afrika buaya terdapat di bagian Tengah dan Selatan, dan juga Amerika Selatan, Tengah, dan bagian Tenggara Amerika Serikat. Di Indonesia terdapat 6 jenis buaya yang terdiri dari 2 genus yaitu Crocodylus dan Tomistoma.

Itulah penyebaran reptile yang harus kalian ketahui, terutama jika kalian ingin melihat reptile tersebut secara langsung. Bagaimana? Berencana pergi ke daerah tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post