Pembahasan Tentang Reptil

Reptile adalah hewan yang biasnya berjalan dengan cara berlata ataupun merayap, reptile juga memiliki arti yang bearti merayap. Secara umum, reptile diartikan sebagai kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan pada umumnya memiliki sisik di tubuhnya.

Sedangkan istilah reptilia sendiri merupakan hewa tetrapoda yang memiliki empat tungkai yang menelurkan telur yang embrionya sudah diselubungi oleh membrane yang bernama amniotic.

Persebaran mereka terdapat dihampir seluruh penjuru dunia, terkecuali untuk daerah antartika sendiri.

Reptil memiliki beberapa ciri-ciri umum yaitu

  • Memiliki tulang belakang yang mendefisinikan mereka sebagai hewan vertebrata
  • Semua hewan yang berjenis reptile adalah hewan ovipar yaitu hewan yang berkembang biang dengan cara bertelur, namun beberapa juga melahirkan.
  • Hampir semua reptile memiliki sisik pada tubuhnya, sisik tersebut bisa berbentuk kecil. Sisik mereka terbuat dari keratin yang berasal dari protein
  • Reptile merupakan hewan yang berdarah dingin, mereka tidak dapat mengontrol suhu ditubuh mereka sendiri, dengan begitu mereka biasanya akan mengandalkan sekitar untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Untuk ukuran reptile sendiri di dunia sangat bervariasi, terdapat reptile yang sangat kecil dengan ukuran hanya 1,6 cm yaitu tokek kecil, dan ada juga dengan Panjang 6 meter dengan berat mencapai 1 ton yaitu buaya air asin.

Dibawah ini adalah beberapa fakta mengenai hewan reptile yang terkadang masih salah di masyarakat

  • Sangat berbalik dengan kepercayaan masyarakat yang menganggap bahwa bunglon tidak berubah warna agar bisa berbaur dengan latar belakang yang beda. Faktanya mereka hanya dapat merubah warna mereka secara terbatas.

Perubahan warna yang mereka lakukan biasanya hanya menjuru keterang dan gelap,perubahan warna tersebut terjadi karena pengaturan suhu dan perubahan emosional dari bunglon sendiri.

misalnya jika seekor bunglon dalam keadaan marah atau terancam, ia bisa berubah warna hingga menjadi sangat cerah.

  • Beberapa orang menganggap dan berpendapat bahwa reptile sendiri merupakan hewan yang licin. Namun, pada faktanya mereka merupakan hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat.

Hal tersebut berdampak pada kulit mereka yang kering dan dingin, beberapa orang awam menanggap bahwa ular memiliki lendir dikulit mereka hingga mereka menyentuhnya dan merasakannya sendiri.

  • Reptile sendiri merupakan hewan dengan jenis tertua yang sudah tinggal di bumi, misalnya seperti kura-kura yang sudah ada di bumi selama 200 juta tahun lamanya. Dengan bentuk yang tidak jauh beda dari kura-kura yang saat ini kita dapat temui.
  • Beberapa tokek akan menggunakan ekornya sebagai pertanahan mereka layaknya cicak, bunglon akan menggunakan ekor mereka dengan cara menggoyangkan sehingga para mangsa akan tertarik perhatiannya ke ekor tersebut.

Pada saat mangsa tersebut sudah mengigit ekor tersebut, beberapa tokek tersebut akan memutuskan ekor mereka dan melarikan diri.

  • Pernah menjadi penguasa langit, darat, laut pada zaman purba lalu, reptile ini merupakan hewan yang sudah hidup sejak jaman purba, kemuncula reptile pertama kali pada 313 hingga 307 juta tahun yang lalu.

Di tahun itu burung dan mamalia masih belum ada, dan pada reptile menguasai bumi terjadi dari 252 hingga 66 juta tahun yang lalu dan dikenal sebagai zaman dinosaurus.

Penguasa dari laut dikenal dengan Plesiosaurus, Ichthyosaurus, serta Mosasaurus. Sedangkan di langit sendiri terdapat Pterosaurus, untuk di darat sendiri terdapat T-Rex.

Nah, kira-kira itulah sedikit pembahasan mengenai hewan reptile. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post