Beberapa Reptil Endemik Asal Indonesia

Beberapa Reptil Endemik Asal Indonesia
Bonus

Indonesia merupakan negara yang memiliki pulau yang sangat banyak, maka tak heran jika Indonesia memiliki segudang satwa yang sangat unik dan juga mempesona.

Salah satunya hewan endemic reptile Indonesia tak boleh dilewatkan, karena beberapa dari mereka bahkan menjadi salah satu ikon untuk wisata Indonesia sendiri.

Reptile endemic Indonesia juga memiliki ciri khas yang unik dan juga tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

Hal tersebut menjadikannya kita sebagai warga negara harus melestarikan mereka, karena mereka hanya terdapat di Indonesia.

Nah, dibawah ini adalah beberapa hewan reptile endemic yang terdapat di Indonesia. Yuk disimak!

1.Komodo Dragon

Beberapa Reptil Endemik Asal Indonesia

Komodo merupakan satwa endemic asli Indonesia yang hanya terdapt di pulau Komodo, NTT. Selain itu hewan ini juga menjadi kadal purba terbesar yang ada di dunia.

Hewan ini merupakan jenis hewan karnivora yang memangsa hewan lain seperit kijang, meskpun sebenarnya Komodo lebih menyukai bangkai hewan.

Kadal yang satu ini memiliki indra sensorik yang sangat peka, terbukti lidah mereka mampu merasakan bau bangsa dengan jarak 9.5 meter jauhnya.

Komodo bisa tumbuh hingga Panjang 2 sampai 3 meter denga berat bisa mencapai 100 kilogram, hewan ini juga menjadi hewan yang populer di Indonesia.

Meskipun terkenal, nyatanya meski hewan ini terkenal, populasinya terus semakin hari semakin menurun.

Bahkan IUCN sudah memasukan Komodo sebagai hewan yang sudah terancam punah, dan untuk menjaga kelestarian Komodo dilakukan konservasi dengan menjadikan tempat Komodo menjadi taman nasional.

2.Baning Sulawesi

Baning Sulawesi merupakan salah satu hewan endemic Indonesia yang terdapat di pulau Sulawesi, hewan ini juga biasanya disebut sebagai forstens tortoise atau juga celebes tortoise.

Hewan ini merupakan jenis kura-kura darat yang memiliki Panjang tubuh hingga 25 sentimer dan memiliki warna coklat kekuningan dengan bercorak bintik hitam disekujur cangkangnya.

Cara membedakan jenin kelamin dari hewan ini bisa diliahat dari bentuk dadanya, jika untuk kelamin jantan biasanya berbentuk cekung dan untuk betina memiliki dada yang besar.

Kura-kura yang satu ini merupakan hewan omnibora yang dimana makanannya berupa sayuran,  buah-buahan, bangkai, dan siput.

Habitat dari hewan ini juga terancam karena perburuan liar yang sangat sering dilakukan, dan IUCN juga sudah memasukan hewan yang satu ini menjadi hewan yang terancam punah.

3.Kura-Kura Hutan Sulawesi

Selain hewan yang kedua diatas, terdapat juga kura-kura endemic yang biasa disebut dengan hutan Sulawesi.

Kura-kura yang satu ini memiliki paruh yang mirip dengan paruh burung betet., hewan yang satu ini memiliki nama ilmiah Leucocephalon Yuwonoi.

Hewan yang satu ini memiliki Panjang yang bisa mencapai 30 sentimeter dengan karapas atau cangkang belakang berwarna kearah kecoklatan.

Kurang-kurang ini merupakan hewan diurnal yang akan masuk kedalam air pada malam hari, dan pada waktu tersebut mereka biasanya akan bertelur dan juga beristirahat.

Populasi kura-kura ini semakin berkurang Karena habitatnya yang terus diganggu oleh manusia dan dilakuka perburuan.

IUCN sendiri sudah memasukan kura-kura hutan Sulawesi kedalam satwa yang sudah terancam punah di tahun 2011.

Nah, kira-kira itulah beberapa jenis hewan endemic yang ada di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi tambahan kepada kamu ya.

Alangkah baiknya juga kita manusia turut membantu melestarikan hewan-hewan tersebut karena hewan yang disebutkan diatas merupakan hewan endemic yang tidak dapat ditemui selain di tempat-tempat asalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post