Fakta Mengenai Buaya Yang Mungkin Tidak Diketahui Oleh Kamu

Fakta Mengenai Buaya Yang Mungkin Tidak Diketahui Oleh Kamu

Buaya adalah reptile yang memiliki ukuran tubuh yang besar ini merupakan hewan yang termasuk kedalam spesies Crocodylidae, Tomistoma Schlegelii.

Buaya pada umumnya merupakan hewan yang lebih menghabiskan waktunya diair seperti sungai, danau, rawa, ataupun lahan basah sejenisnya. Tetapi ada juga spesies buaya yang hidup di air payau, jenis buaya tersebut disebut buaya muara.

Persebaran buaya ini cukup merata di dunia, terkecuali negara bagian Eropa

Dikarenakan buaya merupakan hewan karnivora, makanannya meliputi ikan, reptile kecil, ataupun mamalia, kadang buaya juga melahap krustasea tapi itu hanya berlaku untuk beberapa jenis buaya saja. Hewan reptile ini merupakan salah satu hewan purba yang masih ada sampai sekarang.

Buaya memiliki anatomi yang cukup kompleks, misalnya seperti jantungnya yang memiliki banyak pembuluh darah serta arah peradaran darah dalam buaya dapat ia atur sendiri, hal tersebut biasanya terjadi pada mereka saat merasa ada ancaman atau sedang mengalami gangguan. Buaya juga memilki jantung yang memiliki empat ruang, diafragma, dan juga celebral cortex

Fakta Mengenai Buaya Yang Mungkin Tidak Diketahui Oleh Kamu

Buaya juga tidak mempunyai kelenjar keringat, hal itu lah yang menyebabkan banyak buaya biasanya sedang tidur atau sekedar berjemur dengan keadaan mulut terbuka, ia menggunakan mulutnya sebagai rongga untuk mengeluarkan panas. Tak jarang orang mengira bahwa ketika ia sedang membuka mulutnya bearti ia akan memangsa, padahal mungkin saja ia sedang memstabilkan suhu tubuh mereka.

Kecepatan Buaya

Buaya dapat berenang dengan kecepatan tinggi namun hanya pada jarak yang tidak terlalu jauh, mereka juga memiliki rahang yang kuat yang dapat merobek ketika mereka mengigit mangsanya, hal itu membuat buaya menjadi hewan yang memiliki kekuatan gigit terkuat, tetapi faktanya pada saat mereka sudah mendapatkan mangsa mereka, mereka tidak mengunyah mangsa tersebut dimulut, buaya akan langsung menelan makanan yang sudah mereka gigit.

Sampai saat ini tidak ada cara pasti untuk menghitung umur seekor buaya, biasanya umur buaya dilihat dari waktu penetasannya terlebih dahulu, lalu metode yang paling digunakan oleh banyak orang untuk mengetahui umur suatu buaya dengan mehitung jumlah lingkaran yang tumbuh pada tulang dan gigi, namun ada yang bisa memprediksi bahwa umur dari seekor buaya muara bisa mencapai 70 tahun lamanya

Buaya juga memiliki hubungan yang dekat dengan dinosaurus, meskipun dinosaurus saat ini sudah punah, buaya ini merupakan hewan yang berkaitan dengan dinosaurus unggas. Hal ini disebabkan karena pada 250 juta tahun yang lalu, buaya merupakan makhluk yang sangat besar yang mirip dengan dinosaurus unggas.

Ukuran buaya sangat bervariatif tergantung dari mana asal jenis buaya tersebut. Biasanya buaya dengan ukuran dewasa bisa tumbuh hingga Panjang lebih dari 5 meter, dengan berat mencapai 1Ton. Untuk ukuran buaya paling besar di dunia pernah tertangkap para seorang guru dengan Panjang 8.6 meter, namun kondisi buaya tersebut sudah mati dikarenakan kejadian penembakan.

Air Mata Buaya

Apakah kamu pernah mendengar istilah air mata buaya? Biasanya istilah tersebut digunakan para wanita untuk mendeskripsikan para pria hidung belang, namun istilah itu ternyata berasal dari buaya yang mengeluarkan air mata, mereka menangis bukan karena merasakan kesedihan, atau sebagainya. Tetapi karena saat mereka mengambil banyak udara, maka kelenjar yang bernama Lachrymal akan membuat mata buaya mengeluarkan air mata

Nah itulah beberapa fakta mengenai buaya yang mungkin banyak orang tidak diketahui. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan-mu tentang reptile yang satu ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post