Ciri-ciri Raptil Yang Wajib Kamu ketahui

Ciri-ciri Raptil Yang Wajib Kamu ketahui

Reptil berasal dari kata Latin yang berarti binatang merayap, hewan ini banyak ditemui di lingkungan contohnya kadal, cicak, ular, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Raptil Yang Wajib Kamu ketahui

Hewan ini juga dijadikan hewan peliharaan seperti kura-kura, iguana, atau gecko.

Ciri hewan reptil langka di Indonesia berbeda dengan jenis hewan lainnya, hewan ini memiliki karakteristik unik seperti bentuk tubuh, cara berkembang biak, bernapas, hingga pertahanan diri.

1. Kulit Ditutupi Sisik

Ciri hewan ini mudah dikenali adalah kulitnya, berkembang dari epidermis adalah lempeng keras yang terbuat dari protein keratin seperti cangkang kura-kura dan pelindung buaya, memiliki penampilan dan fungsi yang sama.

Sisik ini memberi perlindungan fisik dan mencegah kehilangan air. Kulit dari hewan ini kedap air sehingga memungkinkan reptil hidup di habitat kering.

2. Metabolisme Berdarah Dingin

Kebanyakan hewan ini dalah vertebrata berdarah dingin. Memiliki kamampuan psikologis untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Suhu tubuh hewan berdarah dingin ditentukan oleh suhu lingkungan mereka, karena hewan ini adalah hewan yang berdarah dingin atau ectothermic.

Reptil harus berjemur di bawah sinar matahari untuk meningkatkan suhu tubuh. Ketika mereka terlalu panas mereka berlindung di tempat teduh untuk mendinginkannya kembali ke suhu yang lebih aman.

Karena mereka tidak memiliki suhu tubuh yang tidak stabil,metabolisme mereka membutuhkan enzim yang mampu mempertahankan suhu tubuh.

3. Sistem Pernapasan

Karakteristik hewan yang paling penting adalah seberapa efisien mereka mengumpulkan dan memanfaatkan oksigen bahan bakar molekuler ini mendukung proses metabolisme.

Termasuk ular, kura-kura, buaya, dan kadal, dilengkapi dengan paru-paru.

Contoh, kadal bernafas menggunakan otot yang sama dengan yang digunakan untuk berlari. berarti mereka harus menahan napas saat bergerak, buaya memiliki diafragma yang lebih fleksibel yang memungkinkan kebebasan bergerak yang lebih luas.

4. Pertahanan Diri

Hewan ini memiliki beragam cara untuk mempertahankan diri, penghindaran adalah bentuk pertahanan paling umum pada reptil. Hewan ini cenderung menghindari pemangsa melalui kamuflase.

5. Berkaki Empat dan Vertebrata

Semua hewan ini adalah tetrapoda berarti mereka memiliki empat anggota badan seperti kura-kura dan buaya atau merupakan keturunan dari binatang berkaki empat seperti ular.

Reptil adalah hewan vertebrata artinya mereka memiliki tulang punggung yang memiliki tali tulang belakang dan membentang di sepanjang tubuh.Karakteristik ini juga dimiliki burung, ikan, mamalia, dan amfibi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post