Fakta Unik Reptil, Sudah Ada Dari Zaman Purba!

Fakta Unik Reptil, Sudah Ada Dari Zaman Purba!

Reptil adalah jenis hewan yang termasuk ke dalam kelas Rerptilia, di mana ada banyak jenis hewan yang masuk dalam jenis ini. Sebut saja seperti Ular, Buaya, Kadal, dan juga Kura-kura. Keempat reptil ini adalah jenis reptil yang sudah sangat umum untuk kita lihat.

Tapi tahukah kamu beberapa fakta unik tentang reptil yang mungkin kamu belum ketahui hingga saat ini? Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa fakta unik tentang Reptil yang bisa membuat kamu tercengang!

Fakta Reptil

1.Penguasa di Zaman Purba

Fakta Unik Reptil, Sudah Ada Dari Zaman Purba!

Ternyata reptil merupakan jenis hewan yang sudah menguasai bumi sejak zaman purba, di mana para penemu mengatakan bahwa mereka pertama kali muncul ke bumi sekitar 312 sampai 307 juta tahun yang lalu. Reptil pun semakin berkembang dan membuat mereka menjadi penguasa di bumi.

Periode ketika reptil menguasai bumi terjadi saat era Mesozoikum atau lebih dikenal dengan nama zaman reptil atau zaman dinosaurus. Bukan hanya dinosaurus saja, karena ada juga penguasa lautan kala itu yaitu Plesiosaurus, Ichthyosaurus, dan juga Mosasaurus. Sedangkan di langit ada Pterosaurus.

Untuk saat ini sudah tidak ada lagi reptil yang ada di udara, yang tersisa hanya yang hidup di darat dan laut.

2. Reptil Tuatara

Jika kamu umumnya hanya mengetahui keempat jenis reptil, maka sebenarnya masih ada jenis reptil lain yaitu Tuatara atau nama latinnya Genus Sphenodon. Meski memiliki bentuk seperti kadal, sebenarnya hewan ini memiliki Ordonya tersendiri yaitu Rhynchocephalia.

Ordo ini sudah ada sejak 250 juta tahun yang lalu dan semuanya sudah punah kecuali Tuatara. Jadi pantas rasanya kalau menyebut hewan satu ini fosil hidup.

3. Reptil Pintar

Tahukah kamu kalau ada reptil yang pintar, jadi bukan hanya mamalia dan burung saja yang memiliki kecerdasan. Salah satu reptil yang cerdas adalah biawak, karena hewan ini jika dilatih ia bisa berhitung setidaknya sampai angka 6.

Selain itu hewan ini juga bisa mengingat di mana mereka sering bersembunyi dan rute yang digunakan untuk menuju ke tempat persembunyiannya. Bahkan ada pengamatan yang mengatakan kalau biawak secara kelompok bekerja sama untuk memangsa telur buaya. Salah satu biawak bahkan ada yang sampai mengalihkan perhatian si induk buaya agar yang lain bisa menyelinap mengambil telur buaya.

4. Bisa Berusia Panjang

Apakah kamu tahu hewan apa yang dikenal memiliki umur panjang? Ya, kura-kura. Hewan ini ternyata dapat hidup hingga ratusan tahun, salah satunya adalah kura-kura raksasa Aldabra. Ini merupakan rekor untuk umur terpanjang yang dimiliki hewan darat yang pernah diketahui.

5. Beberapa Jenis Reptil Kelaminnya Disesuaikan Suhu

Terakhir yang akan kami bahas adalah fakta mengenai beberapa hewan reptil akan lahir dengan kelamin yang menyesuaikan suhu. Kebanyakan spesies ini adalah kura-kura, aligator, buaya, dan kadal. Suhu di luar telur ketika mereka di dalam cangkang sangat menentukan apa kelamin dari hewan tersebut.

Seperti pada kura-kura misalnya, di mana jika telur disimpan pada suhu di bawah 27,7 °C, maka embrio itu akan lahir sebagai jantan. Sedangkan kalau berada pada suhu di atas 31 °C, maka embrio tersebut akan terlahir sebagai betina. Sedangkan kalau berada pada kedua suhu tersebut, embrio yang lahir bisa menghasilkan dua jenis kelamin.

Itulah beberapa fakta unik mengenai reptil yang tentunya membuat hewan jenis ini semakin tampak berbeda dibandingkan dengan hewan lainnya. Bagaimana? Unik bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post