Berikut 3 Deretan Hewan Reptil Hampir Punah Yang Ada Di Indonesia

Berikut 3 Deretan Hewan Reptil Hampir Punah Yang Ada Di Indonesia

Hewan Reptil Hampir Punah Yang Ada Di Indonesia – Seperti yang kita semua ketahui saat ini Eksploitasi sumber daya alam yang dilakukan oleh manusia, sudah sangat mengganggu keseimbangan ekosistem di berbagai penjuru alam yang ada di dunia. Yang mana membuat keanekaragaman hayati terusik dan terancam rusah. Flora dan fauna sudah sampai sekuat tenaga mempertahankan diri untuk tetap lestari, di tengah gempuran kerusakan lingkungan yang di sebab kan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Sudah banyak segala upaya konservasi, baru menggeliat setelah data memperlihatkan penurunan jumlah populasi. Ketika naluri dan hati nurani manusia mulai menyadari bahwa ada makhluk-makhluk lain yang tersakiti. Menyedihkan, kita menyadarinya beberapa reptil langkah indonesia sudah sangat terancam kepunahannya.

Berikut Tiga Hewan Reptil Hampir Punah Di Tanah Air Kita

Kura-kura Rote

Berikut 3 Deretan Hewan Reptil Hampir Punah Yang Ada Di Indonesia
Sama dengan namanya, yaitu kura-kura berleher seperti ular (panjang) ini berasal dari Pulau Rote, yang merupakan pulau terluar di bagian selatan Indonesia. Kura-kura ini juga telah mendapat perhatian dunia akibat populasinya yang menurun derastis dan menjadi hewan terlarang dalam perdagangan Internasional. Namun, lagi-lagi, belum termasuk dalam hewan yang dilindungi.

Buaya Siam

Buaya Siam
Meski penyebaran dari buaya siam cukup luas, dan hampir mencakup banyak wilayah Indonesia, Kamboja, Vietnam, Malaysia, dan Thailand, namun reptil ini tergolong langka dan berstatus terancam punah. Karena itulah, upaya konservasi buaya siam telah di laksanakan. Selain masuk dalam daftar hitam perdagangan internasional, buaya siam juga menjadi hewan yang dilindungi di Indonesia.

Penyu Sisik

Penyu Sisik Hewan Reptil Hampir Punah
Terakhir semua jenis penyu yang ada di Indonesia, telah dilindungi dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Termasuk salah satu di antaranya, penyu sisik yang sering disebut hawksbill turtle, karena memiliki paruh seperti elang. Penyu yang tersebar di Samudera Hindia, Atlantik, dan Pasifik ini juga telah menjadi komoditas terlarang dalam perdagangan internasional.

Sekian beberapa informasi dari saya tentang dunia reptil terbaru waktu ini. Semoga bisa menambah wawasan kalian semua. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post