4 Ciri-Ciri Hewan Reptil yang Perlu Kalian Ketahui!

4 Ciri-Ciri Hewan Reptil yang Perlu Kalian Ketahui!

Ciri hewan reptil bisa membedakan dari amfibi, ikan, maupun mamalia. Reptil sendiri diambil dari bahasa latin yang berarti binatang merayap. Reptil ini sendiri memiliki karakteristik yang unik dan membuat hewan ini bisa secara mudah untuk dikenali. Ciri hewan ini sendiri memliki karakteristik yang berbeda dengan hewan lainnya. Ciri hewan ini meliputi bentuk tubuh, cara berkembang biak, bernapas, sampai pertahanan diri. Berikut ini ialah ciri hewan reptil yang perlu kalian pahami berikut ini. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Daftar Ciri Hewan Reptil yang Wajib Dipahami

1. Kulit Ditutupi Sisik

4 Ciri-Ciri Hewan Reptil yang Perlu Kalian Ketahui!

Ciri hewan reptil yang pertama ialah mudah dikenali melalui kulitnya. Dimana sisik reptil yang berkembang dari epidermis ialah lempeng keras yang terbuat dari protein keratin. Scute ini seperti cangkang kura-kura dan pelingdung buaya yang memiliki penampilan dan fungsi yang sama dengan sisik. Struktur bertulang yang terbentuk pada lapisan kulit ;ebih dalam. Sisik ini sendiri berguna untuk memberikan perlindungan fisik dan mencegah kehilangan air. Dalam banyak spesies, bentuk dan warna struktur ini berperan dalam pertahana teritorial dan menarik pasangan.

2. Metabolisme Berdarah Dingin

Kebanyakan reptil ialah vertebrata berdarah dingin. Reptil ini tidak memikliki kemampuan psikologis yang dapat mengatur suhu tubuh mereka dan harus bergantung pada lingkungan eksternal. Suhu tubuh hewan ini sendiri ditentukan oleh suhu lingkungan mereka. Karena reptil ini ialah hewan berdarah dingin atau ectothermic. Reptil ini harus berjemur di bawah sinar matahari yang mampu meningkatkan suhu tubuh internal. Saat merasa terlalu panas, reptil ini bisa berlindung di tempat yang teduh untuk mendinginkannya dan kembali ke suhu yang lebih aman. Reptil ini memiliki suhu yang tidak stabil, sehingga metabolisme tubuhnya membutuhkan enzim yang mampu memperthaankan efisiensi pada berbagai suhu yang ada.

3.Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan

Salah satu karakteristik hewan ini ialah seberapa efisien mereka mengumpulkan dan memanfaatkan oksigen, bahan bakar molekuler yang mampu mendukung prosesnya metabolisme. Semua reptil dilengkapi dnegan paru-paru, meskibun berbagai jenis reptil menggunakan cara respirasi yang berbeda. Kadal biasnaya bernafas menggunakan otot yang smaa digunakan untuk berlari. Hyal ini berarti mereka harus menahan napas saat bergerak, sementara buaya memiliki diafragma yang lebih fleksibel dan memungkinkan kebebasan bergerak yang lebih luas.

4. Pertahanan Diri

Pertahanan Diri

Reptil biasanya memiliki beragam cara untuk mempertahankan diri dari bahaya, baik itu mendesis, menyamarkan diri dan juga menghindar. Cukup banyak reptil kecilyang remyam untuk dimangsa oleh semua jenis hewan karnivora. Dengan demikian, penghindaran ialah salah satu bentuk pertahanan yang paling umum dan berbahaya. Sebagian besar ular dan kadal merangkak dan pergi ke sema-semak. Reptil cenderung menghindari pemangsa melalui kamuflase. Dua kelompok utama ini memiliki penglihatan warna yang berkemabng dengan baik. Dengan demikian, kulit ini banyak memiliki warna samar abu-abu polos atau berbintikhijau dan cokelat yuntuk memungkinkan merkea berbaur dengan latar belakang lingkungan alamai. Hewan ini sendiri memiliki bentukperthanaan melepaskan ekor dari tubuhnya atau autotomi. Ekor yang terlepas dan bergoyang akan menciptakan perasaan menipu. Reptil ini juga mampu memutuskan ekornya untuk bisa menumbuhkan kembali selama beberapa minggu.

Nah itu dia 4 ciri-ciri hewan reptil yang perlu kalian ketahui dan pahami. Sekian informasi wawasan seputar ciri reptil yang bisa kalain pelajari diatas ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post