Menakjubkan! Kadal Ini Dapat Bertelur dan Melahirkan dalam Satu Kandungan

Menakjubkan! Kadal Ini Dapat Bertelur dan Melahirkan dalam Satu Kandungan

Menakjubkan! Kadal Ini Dapat Bertelur dan Melahirkan dalam Satu Kandungan

Apa sahabat-sahabat sudah tahu cara binatang berkembang biak? Ada binatang yang bertelur, ada binatang yang melahirkan. Ada juga yang dapat bertelur dan melahirkan.

Kebanyakan binatang vertebrata atau bertulang belakang cuma dapat berkembang biak dengan satu metode. Tapi ada penelitian terbaru tentang proses berkembang biak kadal Australia, nih, sahabat-sahabat. Peneliti Melanie Laird, Michael Thompson dan Camilla Whittington menemukan adanya keunikan kepada seekor kadal Australia.

Untuk pertama kalinya, peneliti memandang binatang bertulang belakang yang dapat bertelur dan melahirkan dalam satu kali masa kehamilan. Wah, keren, ya?

Perkembang Biakan Binatang

Binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut dengan ovipar. Dan binatang yang berkembang biak dengan langkah melahirkan disebut vivipar.

Ovipar

Pada binatang yang bertelur, telurnya dapat melewati proses pembuahan eksternal layaknya ikan. Atau proses pembuahan internal layaknya reptil dan burung.

Kandungan dalam telur akan berhubungan kepada member kuning telor sebagai sumber gizi sampai pada akhirnya menetas.

Vivipar

Pada kebanyakan binatang yang melahirkan, bayi dalam kandungan akan menerima gizi berasal dari induknya, melewati plasenta.

Tahukah kamu? Mulanya binatang vivipar ialah keturunan berasal dari nenek moyang yang bertelur.

Nah, peneliti memandang di luar proses evolusi tersebut, reptil secara khusus ular dan kadal mengembangkan proses yang berbeda.

Baca Juga⇓⇓⇓

Mengenal Ciri-ciri Ular Berbisa dan Tidak Berbisa

Kadal yang Dapat Bertelur dan Melahirkan Sekaligus

Reptil hakekatnya banyak yang dapat bertelur dan melahirkan. Banyak spesies reptil berevolusi dari ovipar ke vivipar. Pada kadal Australia, uniknya ditemukan bila induk dapat punya kandungan bayi dalam kandungan dan telor sekalian.

Peneliti menemukan fenomena ini kepada kadal Saiphos equalis. Ragam kadal ini tersedia yang ovipar. Sementara yang tinggal di member utara Australia melahirkan.

Ketika ditukar habitatnya, si induk masih menjaga langkah reproduksi berasal dari daerah asalnya. Sehingga kemungkinan langkah bertelur atau melahirkan merupakan keturunan.

Tapi tersedia seekor kadal yang menelurkan tiga butir telor, kemudian tiga pekan kemudian melahirkan bayi. Tiga telur dan bayi ini ialah seperkandungan.

Bedanya dengan telur lain, cangkang telur ini lebih tak tebal dibandingi telur kadal ovipar. Berdasarkan peneliti, sebagian variasi kadal laksanakan ini untuk menambah kans kelangsungan hidup keturunannya.

Peneliti menerangkan kalau ini merupakan contoh pertama binatang vertebrata yang dapat bertelur dan melahirkan dalam satu waktu kandungan. kemungkinan kadal ini dapat merubah variasi perkembangbiakannya untuk situasi-situasi tertentu.

Wah, dunia binatang memang sangat menakjubkan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post